READING IS MEMBACA: Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Taman nasional Bukir Barisan Selatan terletak di ujung wilayah barat daya Sumatera . Bukit Barisan Selatan di nyatakan sebagai Cagar Alam Suaka Margasatwa pada tahun 1935 dan menjadi taman nasional pada tahun 1982. Pada awalnya ukuran taman adalah seluas 356.800 hektar, tetapi luas tanaman saat ini yang di hitung dengan menggunakan GIS kurang lebih sebesar 324.000 hektar.
Kurang lebih dari 70 % dari taman ( 249.552 Ha) termasuk dalam administrasi wilayah Lampung barat dan wilayah Tanggamus, diman keduanya adalah bagian dari propinsi Lampung. Bagian lain dari taman mencakup 74.822 ha ( 23% dari luas taman keseluruhan) berada di wilayah Kaur dari propinsi Bengkulu.
Di tempat ini tinggal tiga jenis mamalia besar yang paling terancam di dunia, yaitu ;
- Gajah sumatra ( Kurang dari 2.000 ekor yang bertahan hidup saat ini)
- Badak Sumatra ( Populasi global keseluruhan 300 individu dan semakin berkurang drastic jumlahnya.
- Harimau Sumatra ( populasi gobal keseluruhan 400 Individu)
Taman ini di sorot sebagai daerah prioritas untuk pelestarian badak Sumatera melalui program Asian Rhino and elephant Action Strategy( AREAS) dari WWF. Terakhir pada tahun 2002, UNESCO telah memilih daerah ini untuk di usulkan sebagai World Heritage Cluster Mountainous Area beserta Taman nasional Gunung Leuser dan Kerinci seblat. Pembukaan hutan di area ini juga mendatangkan ancaman serius terhadap Spesies yakni perburuan liar. Sasaran keseluruhan proyek Taman Nasional Bukit Barisan selatan adalah menjamin stabilitas atau peningkatan populasi badak Sumatra, gajah Sumatra dn harimau sumatra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © READING IS MEMBACA Urang-kurai