READING IS MEMBACA: Keris

Keris

Keris atau The Crist adalah senjata tradisional yang berasal dari pulai Jawa dan telah di akui sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO. Keris tertua di buat di pulau Jawa, di duga sebelum abad ke-6 atau ke-7. Di kalangan penggemarnya, keris buatan masa itu di sebut keris Buda.
Nenek moyang Jawa yang pada umumnya beragama Hindu dan Budha, tidak pernah di temukan bukti bahawa budaya keris berasal dari India atau Negara lain. Tidak pula di temukan bukti adanya kaitan langsung antara senjata tradiosal itu dengan kedua agama tersebut.
Yang paling terkenal dan di senut-sebut dalam cerita rakyat adalah Keris empu Gandring. Pada jaman kerajaan singasari ( 1222 – 1294M) keris itu di buat oleh Empu Gandring atas pesanan Ken arok untuk membangun kerajaan Singasari di Tumapel.
Keris terkenal lainnya adalah Kanjeng Kyai Ageng Sengkelat pusaka keraton Majapahit ( 1294 – 1478 M) dan Kyai Setan Kobar milik Arya Penangsang. Jenis senjata keris ini menyebar luas ke seluruh nusantara bahkan manca negara. Di pulau bali Keris di sebut kedutan, di Sulawesi selain menyebut keris orang juga menamakannya selle atau tappi. Di Philipina keris di namakan Sundang.Di beberapa daerah benda ini di sebut kerih, Karieh atau kres.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © READING IS MEMBACA Urang-kurai