READING IS MEMBACA: Candi Prambanan

Candi Prambanan

Candi terbesar di Asia Tenggara, dengan tinggi bangunan utama 47 Meter. Candi ini terletak di pulau Jawa , kurang lebih 20 Km timur Yogyakarta, 40 Km barat Surakarta dan 120 Km selatan Semarang, persis di perbatasan antara propinsi Jawa Tengah dan daerah istimewa Yogyakarta.
Candi Rara jonggrang terletak di kompleks desa Prambanan yang wilayah di bagi antara kabupaten Sleman dan Klaten.
Candi Prambanan sejarah prasasti Indonesia. Candi rara jonggrang terletak di Prambanan adalah komplek candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi ini di bangun sekitar tahun 850 M oleh Rakai Pikatan, raja kedua wangsa Mataram 1 atau Balitung Maha Sambu semasa Wangsa Sanjaya.
Komplek candi ini terdiri dari 8 kuil atau candi utama dan lebih dari 250 candi kecil yang ukurannya berbeda-beda dan di sebut Perwara. Tiga candi utama di sebut Trisakti dan di persembahkan kepada Sang Hyang Trimurti: Batara Siwa Sang penghancur, Batara Wisnu Sang pemelihara dan Batara Brahma Sang Pencipta. Dalam kompleks candi Prambanan terdapat juga meseum yang menyimpan benda sejarah, termasuk Batu Lingga Batara Siwa , sebagai lambing kesuburan.
Pada tahun 1733 candi ini di temukan oleh CA.Lons , seorang berkebangsaan Belanda. Kemudian pada tahun 1855 Jan willem IJ Zerman mulai membersihakna dan memindahkan beberapa batu dan tanah dari bilik candi. Beberapa saat kemudian Isaac Groneman melakukan pembongkaran besar-besaran dan batu-batu candi tersebut di tumpuk secara sembarangan di sepanjang sungai Opak . setelah mengalami beberapa kali pembongkaran dan renovasi akhirnya sejak tahun 1991 candi ini di lindungi oleh UNESCO.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © READING IS MEMBACA Urang-kurai