READING IS MEMBACA: Candi Borobudur

Candi Borobudur

Candi Borobudur terletak di Magelang, jawa Tengah Kurang lebih 100 Km di sebelah Barat daya Semarang dan 40 Km di sebelah Barat Laut Yogyakarta. Candi ini didirikan oleh penganut agama Budha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra.
Sejarahwan J.G.de Casparis dalam disertasinya untuk mendapatkan gelar Doktor pada tahun 1950 berpendapat bahwa Borobudur adalah tempat pemujaan . Berdasarkan Prasasti Karang Tengah dan Kahalunan, Casparis memperkirakan pendiri Borobudur adalah raja dari Dinasti Syailendra yang bernama Samaratungga sekitar 824 M. Bangunan raksasa itu baru dapat di selesaikan pada masa putrinya Ratu Pramudawardhani. Pembangunan Borobudur di perkirakan memakan waktu setengah abad.
.
Struktur Borobudur tidak memakai semen sama sekali, melainkan system interlock yaitu seperti balol-balok lego yang dapat menempel tanpa lem. Candi Borobudur berbentuk punden berundak, yang terdiri enam tingakatan berbentuk bujur sangkar, tiga tingkat bebentuk bundar melingkar dan sebuah stupa utama sebagai puncaknya.
Di setiap tingkatan di pahar relief-relief pada dinding candi. Relief-Relief tersebut di baca sesuai arah jarum jam atau di sebut mapra-daksina dalam bahasa Jawa kuno yang berasal dari bahasa Sanskerta daksina yang artinya adalah timur.
Setelah mengalami beberapa kali proses pemugaran, pada tahun 1991 Candi Borobudur di tetapkan sebagai warisan Dunia oleh UNESCO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © READING IS MEMBACA Urang-kurai